Tips Membagi Waktu Antara Pekerjaan dan Keluarga

Tips Membagi Waktu Antara Pekerjaan dan Keluarga

Pekerjaan memang menghabiskan banyak waktu. Sampai-sampai kamu kewalahan untuk membagi waktu antara pekerjaan dan keluarga. Pulang kerumah harus menerima kenyataan bahwa keluarga ternyata sudah terlelap, paginya berangkat lagi tanpa banyak berinteraksi dengan keluarga. Kemudian semuanya terus berulang hari demi hari. Mungkin kamu berpikir bahwa kamu perlu menyeimbangkan pekerjaan dengan kehidupan keluarga kamu. Untuk itu kamu perlu menyimak Tips Membagi Waktu Antara Pekerjaan dan Keluarga berikut

1. Merencanakan Jadwal

Jadwal menjadi patokan dalam mengatur waktu. Sesibuak apapun pekerjaanmu kamu perlu mengusahakan agar tetap menyisihkan waktu pribadi. Waktu pribadimu nanti bisa kamu habiskan dengan keluarga atau juga hangout dengan teman-teman. Dengan menjadwal semua kegiatan, makan perencaan mu dalam membagi waktu akan mudah terlaksana. Yang terpenting jangan sampai kamu melanggar jadwal yang telah kamu rancang sendiri ya.

Merencanakan Jadwal | Sumber : pexels.com

Merencanakan Jadwal | Sumber : pexels.com

2. Bekerja Efisien

Untuk mencapai sesuatu yang lebih maka kamu harus bertindak dengan lebih rajin pula. Ada baiknya kamu menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan kantormu se-efisien mungkin. Usahakan kamu membereskan pekerjaan tanpa harus menunggu deadline. Jangan sampai nantinya pekerjaan menumpuk dan membuatmu kelelahan. Menunda pekerjaan, juga akan membuatmu berpikir tentang pekerjaan meskipun kamu sedang menghabiskan waktu santai bersama keluarga.

Bekerja Efisien | Sumber : pexels.com

Bekerja Efisien | Sumber : pexels.com

3. Delegasikan Pekerjaan

Mungkin sekarang sudah saatnya kamu percaya dengan bawahan atau rekan bisnismu. Jadwal yang sangat amat padat dan sulitnya mebagi waktu antara pekerjaan dan sosial pasti sangat mengganggumu. Sulitnya membagi waktu antara pekerjaan dan keluarga bisa jadi timbul karena kamu sama sekali tidak percaya pada rekan bisnis atau bahkan bawahanmu sendiri. Sesekali biarkan mereka mengambil tugas atau sekedar membantu hal-hal kecil. Dengan demikian beban kerja akan berkurang kan?

Delegasikan Pekerjaan | Sumber : pexels.com

Delegasikan Pekerjaan | Sumber : pexels.com

4. Ambil Cuti

Jatah liburan di kantor adalah hal yang sangat baik untuk benar-benar kamu manfaatkan. Jangan pernah kamu menghanguskan begitu saja jatah liburan di kantor karna alasan sedang sibuk. Justru jatah liburanlah yang seharusnya menjadi penyeimbangmu atas kehidupan sosial yang telah dirampas karna sibuknya pekerjaan. Kamu bisa berlibur ke tempat menyenangkan bersama keluaga. Ambil kesempatan ini menjadi penyeimbang antara pekerjaan dan kehidupan keluarga ya. Tidak tahu kapan harus ambil cuti? Baca disini untuk tau kapan waktu yang tepat untuk ambil cuti.

Ambil Cuti | Sumber : pexels.com

Ambil Cuti | Sumber : pexels.com

 

5. Lakukan Introspeksi Diri

Pada dasarnya kamu harus melakukan intropeksi diri terlebih dahulu. Apakah kamu benar-benar bekerja terlalu keras? Apakah kamu tidak pernah menghabiskan waktu bersama keluarga belakangan ini? Intropeksi diri harus kamu lakukan untuk mengetahui sejauh mana posisi kamu. Kamu juga bisa meminta masukan orang-orang di sekitar. Perlu diketahui, masukan atau saran yang diberikan merupakan hal yang tak kalah penting loh untuk menyeimbangkan diri. Karna terkadang kamu sendirilah yang tidak sadar betul apabila kamu telah berkerja terlalu keras.

Introspeksi Diri | Sumber : pexels.com

Introspeksi Diri | Sumber : pexels.com

 

Itu dia Tips Membagi Waktu Antara Pekerjaan dan Keluarga, semoga bermafaat! Jangan lupa simak juga artikel kami lainnya untuk mendapatkan tips-tips lebih banyak lagi.

Artikel dan Fitur Lainnya

Apa itu LokerBali.info

LokerBali.info adalah situs online yang menyajikan Informasi Lowongan Kerja di Bali terbaru. Pencari kerja dapat melamar pekerjaan dan Perusahaan dapat memasang Iklan Lowongan Kerja di LokerBali.info