Tips Mengelola Gaji Agar Tidak Boros

Rasa kepuasan dalam bekerja akan terbayar saat kamu menerima gaji. Tapi kalau kamu tidak bisa mengelolanya malah bikin tambah suntuk, apalagi jika akhir bulan datang. Nah, kenyataan yang seperti ini nih yang memang banyak terjadi. Untuk itu kami berikan tips dalam mengelola gaji. Yuk simak tips-tips nya berikut ini. Tips mengelola gaji agar tidak boros

 

  1. Catat Pengeluaran

Mencatat pengeluaran adalah hal sederhana namun terkadang sulit untuk dijalani. Membuat anggaran pengeluaran akan memberikanmu pengendalian yang lebih mudah. Catat “rancangan” pengeluaran perbulanmu. Selain itu, apabila perlu kamu kumpulkan setiap nota belanja yang kamu lakukan tiap bulannya. Hal sepele tersebut akan mengendalikan keinginanmu untuk membeli hal-hal yang tidak begitu penting.

Tips Mengelola Gaji Agar Tidak Boros

Tips Mengelola Gaji Agar Tidak Boros

 

  1. Buat Rekening Khusus

Tips lain agar kamu pandai dalam mengelola gaji yaitu dengan memiliki dua rekeing atau memiliki rekening khusus. Rekening khusus ini bisa kamu fungsikan untuk membantumu mengelola uang bulanan. Sehingga kamu punya tabungan di rekening kamu saat ini. Ada baiknya kamu menggunakan rekening khusus dengan biaya administarsi bulanan yang rendah. Eits, jangan sampai tergoda buat menggunakan rekening kamu yang satu ini ya. Rekening kamu yang lainnya harus difungsikan hanya khusus untuk menabung.

Tips Mengelola Gaji Agar Tidak Boros | Gambar : www.carainternetbanking.com

Tips Mengelola Gaji Agar Tidak Boros | Gambar : www.carainternetbanking.com

  1. Bawa Uang Tunai Secukupnya

Setelah tips-tips diatas masih belum bisa mengubah banyak dalam mengelola gaji. Maka tips kali ini harus kamu lakukan. Yaitu kamu hanya membawa uang tunai / cash seperlunya. Kamu dapat memperkirakan seberapa besar pengeluaranmu tiap minggunya. Kemudian isi dompet kamu hanya sebesar pengeluaran perminggu tadi. Dengan cara ini kamu hanya perlu mengambil uang di mesin ATMmu di tiap minggu. Hal ini akan mengajarkanmu untuk semakin hemat dengan menghabiskan uang yang hanya ada di dompetmu saja.

Tips Mengelola Gaji Agar Tidak Boros

Tips Mengelola Gaji Agar Tidak Boros


 

  1. Hindari Kredit Barang

Sebisa mungkin kamu harus kuat menghindari godaan kredit barang. Meskipun kesannya ringan, cicilan akan membuat kamu merasa kesulitan. Pastikan kamu menghindari cicilan yang tidak terjangkau kantongmu. Apabila kamu terpaksa melakukan cicilan barang, maka kamu harus menghindari cicilan barang yang memiliki prioritas tidak begitu perlu. Apabila kamu menginginkan cicilan kamu bisa mengambil “uang tabungan” bulanan kamu. Pastikan kamu mengambil anggaran yang sesuai dengan bunga serendah mungkin.

Tips Mengelola Gaji Agar Tidak Boros

Tips Mengelola Gaji Agar Tidak Boros

 

  1. Lakukan Investasi

Setelah kamu berhasil menyisihkan sebagian gaji kamu diakhir bulan secara rutin. Maka investasi adalah solusi yang tepat. Investasi bisa kamu lakukan dengan hal-hal kecil. Misalnya saja mengikuti asuransi, membeli emas / perhiasan, reksa dana atau sesuatu lain yang memiliki nilai jual tinggi. Berbeda dengan menabung, uang yang kamu investasikan tidak bisa kamu ambil setiap saat sesuai keinginan. Cara ini akan “mengamankan” uang kamu dan akan menguntungkan di masa depan.

Tips Mengelola Gaji Agar Tidak Boros | Gambar : www.logammulia.com

Tips Mengelola Gaji Agar Tidak Boros | Gambar : www.logammulia.com

 

Itu dia tips-tips dalam mengelola gaji, semoga bermafaat! Jangan lupa simak juga artikel kami lainnya untuk mendapatkan tips-tips lebih banyak lagi.

Artikel dan Fitur Lainnya

Apa itu LokerBali.info

LokerBali.info adalah situs online yang menyajikan Informasi Lowongan Kerja di Bali terbaru. Pencari kerja dapat melamar pekerjaan dan Perusahaan dapat memasang Iklan Lowongan Kerja di LokerBali.info