Tren Recruitment Tahun 2017

Bagi orang yang ingin mencari kerja di tahun ini, kalian perlu tahu tentang tren recruitment yang ada di tahun 2017. Trend ini diprediksi akan menjadi salah satu penentu keberhasilan kalian ketika akan melamar kerja. Ingin tahu tentang Trend Recruitment Tahun 2017 ini? Yuk simak!

Go Digital

Dengan semakin banyaknya generasi millennial yang memasuki dunia kerja, kita akan semakin sering melihat job portal seperti jobsDB menjadi semakin populer dan merekrut melalui media digital pun bukan menjadi hal yang baru. Data akan lebih mudah diakses dan profesional HR akan lebih mudah men-screening kandidat melalui sosial media mereka masing-masing.

staticrepublikacoid

Sumber : static.republika.co.id

Di era digital seperti saat ini, banyak perusahaan yang mulai menggunakan 100% digital rekruitment. Termasuk job applications online atau bisa melalui sosial media. Hal ini disebabkan karena lebih memudahkan dibandingkan kandidat harus mengirimkan resume dalam bentuk kertas. Metode seperti tadi bisa digunakan oleh perekrut untuk menemukan kandidat yang outstanding dalam bidang kemampuan maupun kreatifitasnya untuk menunjang kinerja kandidat tersebut nanti.

Perubahan Demografik

Dengan semangat ingin maju dan melek teknologi yang lebih dimiliki oleh Generesi Millennial, mereka bisa mengubah cara kerja suatu organisasi. Dari mulai keinginan untuk jam kerja yang lebih fleksibel, keseimbangan antara kehidupan dan karier (work-life balance). Hingga pengaturan tata ruang interior kantor yang dinamis dan nyaman. HR haruslah bisa untuk menyesuaikan diri terhadap tantangan-tantangan tersebut di tahun ini.

Hasil Rekomendasi

Semakin banyaknya angka penghentian karyawan di tahun lalu dan penghentian sementara untuk merekrut karyawan baru, para pencari kerja di 2017 akan mengalami kompetisi yang semakin ketat. Pressure juga pasti akan dirasakan oleh tim perekrut untuk semakin jeli lagi dalam mengidentifikasi dan merekrut kandidat yang benar-benar sesuai untuk suatu posisi pekerjaan. Hasil rekomendasi karyawan juga bisa dimanfaatkan untuk menemukan kandidat pilihan. HR profesional banyak yang merekrut karyawan baru yang didapat dari hasil karyawan terdahulu untuk menghindari risiko merekrut karyawan yang tidak efektif atau tidak cocok.

Shot of a young businesswoman standing in an office

Sumber : smartmama.com

Freelance dan Paruh Waktu

Karyawan freelance dan paruh waktu juga merupakan salah satu tren dalam dunia HR di 2017. Ini disebabkan karyawan mulai mencari fleksibilitas dalam waktu kerja. Terlebih di industri IT dan industri kreatif, akan semakin banyak challenge dalam hal menarik dan mempertahankan karyawan potensial karena motivasi kerja bagi Generasi Millineal tidak lagi pada gaji, namun lebih kepada kepuasan dalam bekerja dan keseimbangan kehidupan dan karier.

Menekankan Kemampuan

Semakin kompetitifnya persaingan ekonomi global di 2017, mengharuskan perusahaan untuk selalu mencari cara untuk mengembangkan kemampuan kinerja karyawannya. Perekrutan dengan sistem on the job training dengan mengedepankan dalam pengembangan kemampuan individu akan lebih dipilih oleh banyak organisasi karena dianggap lebih efektif untuk merampingkan tenaga kerja mereka. Karyawan yang terampil akan lebih dapat menghemat biaya perusahaan dengan kinerja mereka yang efektif dan efisien.

Artikel dan Fitur Lainnya

Apa itu LokerBali.info

LokerBali.info adalah situs online yang menyajikan Informasi Lowongan Kerja di Bali terbaru. Pencari kerja dapat melamar pekerjaan dan Perusahaan dapat memasang Iklan Lowongan Kerja di LokerBali.info